Olahraga yang Bisa Dilakukan Meskipun Sedang Berpuasa

Cukup banyak orang yang sedang berpuasa menghindari berbagai aktivitas melelahkan, seperti olahraga. Alasannya karena takut mengalami dehidrasi dan kelelahan saat berpuasa. Padahal, pemikiran tersebut ternyata salah karena meskipun sedang berpuasa, Anda tetap bisa berolahraga. Namun tentunya, tidak semua olahraga boleh Anda lakukan selama berpuasa. Berikut ini, adalah beberapa jenis olahraga yang aman untuk dilakukan selama berpuasa : 1. Bersepeda Olahraga bersepeda dapat membantu meningkatkan stamina dan juga membakar kalori. Anda bisa melakukan olahraga ini dengan sepeda statis maupun dinamis, setidaknya 45 menit sehari. 2. Berlari Anda bisa berlari dengan kecepatan sedang setidaknya 30 menit sehari untuk menjaga tubuh tetap bugar. Lakukan olahraga ini dengan kecepatan yang rendah untuk menghindari terjadinya dehidrasi. 3. Yoga Yoga merupakan olahraga yang baik untuk dilakukan dapat membuat tubuh tetap fit, menguatkan otot, melatih pernapasan, dan meningkatkan konsentrasi. Melakukan olahraga ini dengan teknik yang benar juga dapat bantu melancarkan aliran oksigen ke otak sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman saat berpuasa. Namun, hindari melakukan yoga dalam suhu tinggi atau yoga bikram karena dapat membuat Anda mengalami dehidrasi. 4. Berenang Berenang termasuk olahraga ringan tetapi dapat efektif membakan kalori dengan baik. Lakukan olahraga ini setidaknya 30 menit dalam satu hari untuk mendapatkan manfaat maksimal. Namun, berhati-hatilah jangan sampai ada air yang tertelan saat melakukan olahraga ini karena hal tersebut dapat membatalkan puasa Anda. 5. Jalan cepat Anda disarankan untuk melakukan jalan cepat setidaknya 30 menit sehari untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Namun, Anda juga bisa melakukan lebih lama asalkan Anda cukup kuat dan tidak memaksakan diri. Untuk olahraga ini, sebaiknya dilakukan saat menjelang berbuka puasa. Selain jenis olahraga, ada hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu pemilihan waktu untuk berolahraga. Menurut Dr. Anita Amalia Sari dalam situs KlikDokter, ada 2 waktu yang bisa dipilih untuk berolahraga, yaitu pagi hari setelah sahur dan sekitar 1 jam menjelang waktu berbuka. Olahraga yang boleh dilakukan sebelum sahur hanyalah olahraga ringan yang tidak akan membuat Anda mengalami dehidrasi atau kelelahan. Namun, lebih disarankan untuk melakukan olahraga menjelang buka puasa agar cairan tubuh yang hilang saat berolahraga dapat segera tergantikan saat berbuka puasa. Anda juga bisa melakukan olahraga setelah berbuka, tetapi berikan jarak sekitar 30 menit setelah berbuka atau lakukan setelah Shalat Tarawih. Lakukanlah jenis olahraga yang dipilih setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Anda juga bisa mengonsumsi 1 kaplet FATIGON SPIRIT saat sahur sebagai sebagai multivitamin untuk tubuh fit agar stamina, tenaga, dan kesegaran tetap terjaga selama puasa. Lengkapi juga dengan mengonsumsi 1 kaplet FATIGON PUTIH sebelum beristirahat setiap malam hari. FATIGON PUTIH adalah vitamin untuk capek pegal yang dapat membantu proses metabolisme dan fungsi saraf serta menguraikan asam laktat yang merupakan penyebab pegal-pegal dan otot kaku. Dengan mengonsumsi FATIGON PUTIH secara rutin, Anda akan kembali siap beraktivitas keesokan harinya.

Artikel Terkait