Lemas Saat Berpuasa? Ini Cara Mengatasinya

Pada saat berpuasa, Anda tidak akan mengonsumsi makanan atau minuman apapun selama kurang lebih 14 jam. Hal ini, seringkali menimbulkan beberapa keluhan bagi sebagian orang, salah satunya yaitu rasa lemas sehingga tidak dapat menjalankan aktivitas secara maksimal. Bahkan, ada juga yang mengeluhkan munculnya rasa nyeri pada kepala atau dehidrasi ketika siang hari. Menurut situs klikdokter, beberapa keluhan yang dirasakan saat berpuasa adalah hal yang wajar karena kurangnya asupan makanan dan cairan pada saat berpuasa. Selain itu, perubahan pola tidur di mana fase tidur menjadi lebih pendek karena Anda harus bangun saat tengah malam untuk makan sahur. Namun, sebenarnya hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara, di antaranya: 1. Atur waktu istirahat Jika memungkinkan, sangat disarankan agar Anda tidur tidak lama setelah solat taraweh selesai. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu istirahat yang cukup meskipun harus bangun ditengah malam untuk makan sahur. Selain itu, disarankan juga agar Anda menyempatkan diri untuk tidur siang secukupnya. Namun, hindari kebiasaan banyak tidur saat berpuasa, karena hal ini hanya akan membuat tubuh terasa semakin lemas. 2. Konsumsi air putih yang cukup Untuk menghindari terjadinya dehidrasi saat berpuasa, sebaiknya konsumsi air putih pada saat sahur dan hindari konsumsi minuman berkafein. Sebab kafein berperan sebagai diuretik sehingga bisa menyebabkan Anda kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Selain itu, perbanyak konsumsi air puti selama waktu berbuka hingga sahur juga penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi. 3. Penuhi nutrisi Pilihlah menu makanan yang bergizi pada saat sahur agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi. Konsumsilah makanan yang mengandung lemak baik dengan kadar yang tinggi, karena dapat membantu proses penyerapan nutrisi sehingga tubuh akan lebih berenergi. Selain itu, konsumsi juga makanan tinggi serat yang dapat membuat Anda tidak mudah lapar. Kombinasikan makanan tinggi serat dengan makanan tinggi protein untuk membuat tubuh lebih berenergi. 4. Hindari beberapa jenis makanan Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur, antara lain makanan yang mengandung kadar garam tinggi dan juga makanan yang diolah hingga terlalu lunak. Makanan dengan kadar garam tinggi atau terlalu asin, akan membuat Anda mengalami dehidrasi. Sementara makanan yang terlalu lunak akan membuat Anda cepat lapar. Agar tubuh Anda semakin berenergi saat berpuasa, jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin untuk tenaga, yaitu FATIGON SPIRIT. FATIGON SPIRIT merupakan multivitamin untuk stamina dan tenaga yang mengandung L-Carnitine. Kandungan ini penting untuk membantu proses pembakaran lemak dalam metabolisme tubuh untuk diubah menjadi energi. Konsumsi FATIGON SPIRIT setiap hari saat sahur akan bantu menambah stamina, tenaga, dan kesegaran. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut lagi merasa lemas saat berpuasa.

Artikel Terkait